SELAMAT DATANG

Terimakasih ya.., dah mampir ke blog saya... :D
Karena blog ini merupakan kumpulan artikel dari berbagai sumber, jadi mohon maaf klo saya blm/tidak bisa menampilkan semua sumber aslinya...

Oiya, selain ini ada blog saya lainnya
Silahkan klik dibawah ini:
ResEpkU

Senin, 22 Juni 2009

MAKANAN PENURUN KOLESTEROL

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi makanan nabati dapat meningkatkan asupan protein nabati yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol berlebih, yaitu antara lain:

a. Jamur. Kaya kromium, mineral yang membantu memecah lemak menjadi senyawa sederhana, yakni asam-asam lemak. Aktivitas ini membantu menyusutkan kadar lemak jahat (LDL), dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL). Sumber Kromium lainnya adalah kacang-kacangan, seperti kenari, kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond.

b. Kwaci Tawar. Selama ini kwaci kita sepelekan, padahal berlimpah zat tembaga. Seringlah makan kwaci, baik kwaci biji labu maupun biji bunga matahari.

c. Jeruk nipis. Diantara beragam jeruk nipis, jeruk nipis atau jeruk lemon adalah yang paling banyak mengandung flavonoid. Senyawa ini mampu menghambat produksi LDL berlebihan sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Flavonoid bisa pula diperoleh dalam teh, brokoli, tomat, kedelai, bawang berlapis-lapis seperti bawang bombay dan bawang merah serta buah delima.

d. Apel. Serat larut yang banyak terdapat dalam apel merupakan sumber beta glucan. Di dalam tubuh, beta glucan ikut berperan mengontrol penyerapan dan produksi kolesterol. Sumber lain pepaya, buah-buahan yang dimakan beserta kulitnya (apel dan pir), wortel, kapri dan sayur-sayuran polongan lain pada umumnya (buncis, kecipir, dan kacang panjang), polong polongan kering (kacang hijau, kacang merah, dan kacang tolo), serta beras merah.

e. Ikan Tuna. Termasuk sumber asam lemak omega-3 yang populer, selain salmon dan makarel. Omega-3 secara khusus melindungi tubuh terhadap kenaikan kadar kolesterol jahat LDL.

f. Jambu biji Lokal Merah. Sama seperti semangka merah dan tomat merah, jambu biji merah kaya akan likopen. Likopen ikut berperan dalam mengendalikan produksi kolesterol.

g. Alpukat. Asam pantotenat merupakan senyawa paling menonjol dalam alpukat yang berperan meredam kolesterol darah.

h. Tempe. makanan rakyat ini berlimpah senyawa fitokimiawi isovlafon yang bersifat anti kolesterol. Banyak juga terdapat dalam tahu dan susu kedelai.

i. Kacang tanah. Kacang kulit, yakni kacang tanah yang berkulit yang dipanggang dalam oven. Camilan ini berlimpah lemak sehat sekaligus kaya vitamin E, yang bisa ‘mengunci’ radikal bebas agar tidak merusak kolesterol jahat LDL, sehingga pembentukan plak di dinding pembuluh darah dapat dihindari dan mencegah serangan jantung.

j. Mangga. Vitamin C banyak terdapat dalam mangga. Vitamin C mencegah kolesterol jahat LDL teroksidasi, sehingga menghindarkan terbentuknya plak di dinding pembuluh darah.


Sumber : Tips Trik Webmaster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar