SELAMAT DATANG

Terimakasih ya.., dah mampir ke blog saya... :D
Karena blog ini merupakan kumpulan artikel dari berbagai sumber, jadi mohon maaf klo saya blm/tidak bisa menampilkan semua sumber aslinya...

Oiya, selain ini ada blog saya lainnya
Silahkan klik dibawah ini:
ResEpkU

Jumat, 19 Juni 2009

Cara Jitu Menurunkan Kolesterol

Sekarang ini, banyak orang yg mengeluh karena kadar kolesterolnya yg tinggi. Nah, sebenarnya arti kolesterol itu apa ya...?? Kolesterol berasal dari bahasa Yunani, yaitu Chole : empedu dan stereos : padat.
Kolesterol berarti molekul (lemak atau yang menyerupainya) yang ditemukan dalam sel yang disebut steroid dimana ia ambil bagian dalam pembentukan membran pada jaringan otak dan sel-sel saraf serta merupakan bahan dasar untuk biosintesa dari antara lain hormon kelamin, serabut anak ginjal, vitamin D dan garam empedu.

Tinggi rendahnya kolesterol dalam darah tidak tergantung pada usia. Dan dianjurkan kadar kolesterol pada makanan sehari-hari tidak melebihi 250 gram.

Kiat2 untuk mencegah agar kadar kolesterol tidak tinggi antara lain:

Olahraga
Sebaiknya olahraga rutin dilakukan paling sedikit selama 20 menit setiap hari, agar kolesterol tidak menumpuk sehingga susah untuk dikeluarkan.

Hindari (kurangi) makanan berkolesterol tinggi, seperti jeroan, kepiting, kerang, udang, daging, santan, kacang-kacangan, gula dan coklat.

Sedangkan makanan yang bisa menurunkan atau yang tidak mengandung kolesterol antara lain:

Ikan
Ikan dipercaya kaya akan asam lemak tak jenuh (omega 3) yang beguna menurunkan kadar dalam darah dan juga mencegah terjadnya penumpukkan keeping-keping darah yang jika terjadi maka menyebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah.

Sumber makanan yang kaya omega-3 terdapat pada ikan herring, makarel, tuna albacore, sarden dan salmon. Dan sebaiknya jika ingin makan, ikan dipanggang atau dibakar dalam oven.

Ikan sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu ikan air tawar dan ikan laut dimana ikan air tawar banyak mengandung karbohidrat dan protein sedang ikan laut kaya akan vitamin, mineral dan lemak tak jenuh.

Bubur gandum/oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut (soluble fiber) yang dapat menurunkan kolesterol buruk yaitu LDL (low-density lipoprotein).
Serat yang larut dipecaya bisa menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan.
Mengonsumsi 10 gram lebih serat larut setiap hari dapat menurunkan kadar total LDL.

Kacang walnuts, almonds
Berbagai studi menunjukkan, walnut secara signifikan menurunkan kolesterol dalam darah karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids) yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis.
Sedang almond juga berguna sebagai penurunan kolesterol yang bisa dirasakan sekitar 4 minggu setelah mengkonsumsinya.


Sumber : wwww. kagakribet.com

1 komentar: